Jurnal Fasilitator Matrikulasi Pekan 1

Hari itu dimulai kelas Matrikulasi Batch 7. Banyak sekali keinginan terlintas di benak saya, saya mau ini, saya mau itu. Persiapan dimulai dari hati, bahwa itu sudah diniatkan, ingin sekali menjadi Fasilitator untuk dapat membersamai peserta agar mereka pun dapat menemukan misi peradaban mereka masing-masing.

Saya tahu saya masih belajar, banyak sekali pembelajaran selama training, terutama dalam pembelajaran The Power Of Question menentukan saya untuk menjadi Fasilitator seperti apa nanti. Saya ingin belajar banyak juga disini bersama peserta.

Dari persiapan memasuki kelas, saya pun dapat pengumuman terpilih, alhamdulillah, dan saling menghubungi walas untuk segera bersinergi. Ketika hari itu, saya dan walas pun langsung membuat perencanaan masuk dan walas meminta saya juga membuat kejutan untuk mereka. Wah sebuah tantangan berat, tapi saya pun ingin menjadikan suatu motivasi agar membuat bonding kami semakin erat.

Dari pemikiran tersebut sayapun terlintas membuat ice breaking dengan quiz bertema Yuk Menemukan Namamu, ketika sudah menemukan namamu langsung katakan disini. Masalahnya adalah saya harus membuat puzzle. Sulit? Tidak saya mengerjakan di pagi hari sebelum mulai perkenalan, padahal sebelumnya saya masih dalam perjalanan mudik dari Yogyakarta ke Tangerang. Sempat menunda Tugas NHW Fasilitator terakhir. Di sela-sela itu juga dalam perjalanan, saya banyak membaca dan mereview kembali materi-materi Matrikulasi dan poin-poin setiap materi. Saya membuat tujuan dari setiap Materi itu sendiri, apa yang ingin dicapai untuk para peserta Matrikulasi.

Dan tibalah di hari dimulainya Hari pertama memasuki Kelas Matrikulasi.Saya mulai dari penyambutan mereka. Sungguh tidak menyangka bahwa saya menerima banyak hadian dari mereka. Apa itu hadiahnya ?

Hadiah mereka untuk saya, Saya kompilasi kan aliran rasa mereka.
Ada 6 aliran rasa yang dihadiahkan untuk saya satu berupa video. Untuk video cukup sulit diupload. Tapi disini saya sangat terharu sekali dengan semua ini. Saya belum memulai tapi hadiah yang mereka sungguh banyak dan bermakna. Surutkah? Tidak malah makin membuat saya bersemangat untuk memulai kelas.

Mereka punya kejutan tentu sayapun juga punya. Ini dia kejutan ala ice breaking dari saya.

Menantang buat mereka sekaligus mencairkan suasana kelas. Langsung ramai, dan saya minta ini dikumpulkan sekalian saya ingin belajar dalam Google Classroom. Sekali dua pulau terlampaui. Belajar simulasi nilai, dan memberikan feedback. Tapi Feedback ini jujur loh dari saya.

Setelah itu dimulailah kelas Materi Martrikulasi di hari pertama di hari selasa. Saya udah membuat poin-poin dari Materi Adab Menuntut Ilmu, yaitu

  1. Kita udah sering dengar kalau ilmu adalah prasyarat untuk amal dan merupakan pembuka pintu ilmu dari semua
  2. Adab itu kaitannya dengan akhlak. Akhlak itu ditularkan melalui perilaku suri teladan
  3. Bertujuan untuk mengajak kita semua agar memperbaiki akhlak terhadap ilmu sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya.

Setelah memberikan materi serta melihat pencapaian dari Tujuan Materi ini, alhamdulillah langsung lanjut memberikan NHW. Sayapun membuat poin utama dalam tujuan dari NHW ini, yaitu

  1. Menemukan jati diri
  2. Menemukan Ilmu yang sesuai passion
  3. Menemukan Strong Why dari ilmu yang dipilih
  4. Merancang strategi untuk memperdalam ilmu yang dipilih serta membuat perencanaan ke depan
  5. Membantu menemukan proses belajar mereka untuk menemukan tujuannya masing-masing

Itulah poin-poin utama yang saya inginkan dari para peserta matrikulasi. Apakah berhasil? Prosesnya cukup mudah dengan bantuan The Power Question serta pelampung dan donat dari kelas Matrikulasi. Sayapun membuat Jurnal Fasilitator

Ini saya buat jurnal berdasarkan PDCA di Materi 1. Sungguh membantu untuk membuat langkah selanjutnya dalam memberikan materi berikutnya.

Dan tak lupa saya juga memberikan momen refleksi untuk teman teman ketika mendapat cemilan. Saya kembali memberikan pertanyaan untuk mendapatkan refleksi setelah diberinnya materi 1. Ini dia refleksi mereka.

Ye
Setelah menerima refleksi mereka saya berencana akan mengajak kembali mereka untuk memberikan feedback di materi selanjutnya dalam rangka mendapatkan tindakan evaluasi untuk jurnal saya.

Alhamdulillah berharap jurnal fasilitator 5 hari ini berjalan sesuai rencana walau belum dikatakan berhasil. Saya harus lanjutkan kembali tugas, tentunya dengan memberikan semangat serta Booster yang terbaik untuk mereka. Semua prinsip dari IP ini selalu diingatkan yaitu Semua Guru Semua Murid, semua boleh kecuali yang tidak boleh (Dikaitkan dengan CoC, Semua adalah proses, dan Ibu Profesional adalah Ibu Pembelajar yang membuat masalah menjadi Tantangan.


#jurnalrefleksifasilmiipb7
#fasilitatormatrikulasi
#fasilmatrikulasiiip
#jrfmiipb7sesike1

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.