Merawat Hamster



Mulai kembali jadwal merawat kandang Hamster. Tujuan kami pelihara hamster ini adalah agar kakak dan adik belajar menyayangi dan tanggung jawab memeliharanya. Di sini juga ada peran kami sebagai orangtua untuk mencontohkan bagaimana merawatnya. Dari membersihkan kandang, memberi makan, buat rumah hamster, atau mainan hamster dari kardus atau botol aqua.




Sangat menyenangkan merawat hamster bagi anak-anak, hamster sudah mereka anggap teman dan sahabat yang setia menunggu di rumah jika kami keluar jalan-jalan dari rumah. Anak-anak langsung menyambut hamster mereka ketika pintu rumah baru saja dibuka dengan teriakan memanggil para hamster.. Aktivitas seru…




Selain itu, fitrah anak ini juga kami tumbuhkan untuk belajar berempati dan bertanggung jawab. Ini adalah salah satu tujuan dalam misi keluarga kami. Teringat, ketika ingin berdiskusi setelah membaca banyak buku cerita, dan kakak pun berujar ibu ayah kapan kita bisa memelihara binatang. Maka sebelum kami beli binatang, kami tanamkan rasa tanggung jawab mereka melalui cerita atau mendatangi pasar satwa, tapi belum kami belikan. Hingga pada akhirnya, mereka siap kami pun bersama-sama ke pasar satwa untuk memilih salah satu binatang, kami berikan pilihan antara kucing, kelinci atau hamster. Dan kakak setuju untuk pelihara hamster. Kami ajak kaka dan adik untuk memilih 2 hamster, kakak memilih betina dan adik memilih si jantan.




Proses merawat binatang ini sudah kami jalani 3 bulan, sampai kami semua juga belajar bersama, terutama ayah dan ibunya langkah-langkah merawat hamster. Kami berhasil menkawinkan jantan dan betina tersebut hingga akhirnya hamster betina melahirkan bayi-bayi hamster. Subhanallah mereka semua menikmati prosesnya.




Ini adalah ketika mereka belajar merawat kandang binatang hamster dan membersihkannya..




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.