Aku Cinta Indonesia Part 3

“Sesungguhnya pada kejadian semua langit dan bumi dan perubahan malam dan siang d an kapal yang berlayar di lautan membawa barang yang bermanfaat bagi manusia, dan apa yang diturunkan Allah dari langit dari ada air, maka dihidupkanNya dengan (air) itu bumi, sesudah matinya , seraya disebarkanNya padanya dari tiap-tiap jenis binatang, dan peredaran angin, dan awan yang diperintah di antara langit dan bumi; adalah semua­nya itu tanda-tanda bagi kaum yang berakal. ” (Surat Al Baqarah : 164)

After being filled with happiness when seeing the scene, the teacher would like to invite the students to play. The teacher wants her children to know about Indonesian cultures, features and folk songs from various provinces in Indonesia.

Miss Kiki berusaha menanyakan kabar anak-anak dan perasaannya setelah melihat pemandangan Indonesia, khususnya daerah tempat mereka tinggao sekarang.

“Bagaimana ana-anak, Are you happy? Senangkah?” tanya miss kiki.

“Yess, Ms Kiki..” jawab anak-anak serempak.

Kemudian,  Miss kiki ingin menunjukkan peta-peta negara Indonesia. Disana menunjukkan pulau-pulau yang berada di Indonesia. Miss Kiki pun mengajak anak-anak melihat serta dan mengenal budaya dan adat istiadat ketika Miss KIki mengenalkan daerah dari Pulau tersebut.

“Ms Kiki punya banyak gambar. Kita lihat sama-sama yaa, gambar apa ini…. tapi sebelum itu Ms Kiki ingin menunjukkan sesuatu tentang Peta Indonesia….Lihat ini adalah peta negara Indonesia. Ini adalah Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau sulawesi, Pulau Bali dan Papua.” Miss Kiki menjelaskan.

“Masyallah, Besaaar yaa Miss Indonesia”..(menunjuk pada peta) jawab anak-anak.

“Iya besar…. Nah sekarang kita lihat Ms Kiki punya gambar. Ini adalah sebuah jembatan, Letaknya di Pulau Sumatra. Yang mana ya Sumatra? Ini adalah jembatan di kota palembang. Sekarang yang ini, ini adalah candi Borobudur, letaknya di Pulau Jawa? Yang manakah Pulau jawa?” miss Kiki bertanya.

“Ini ms Kiki…” jawab salah satu anak murid.

“Betulll…. Nah ms Kiki akan mengajak bermain, namanya cublek-cublek suweng dari pulau jawa.. Miss Kiki tunjukkan..” seraya menunjukkan dan menyanyikan lagu tersebut.

Cublak-cublak suweng

Suwenge ting gelenter

Mambu ketundung gudhel

Pak Empong lerak-lerek

Sopo ngguyu ndelekakhe

Sir-sir pong dele kopong

Sir-sir pong dele kopong

And the children want to play again. But now the children must rest for a while. The teacher shares the fruits. While sharing, the tacher gives information on other indonesian’s folk song related to what the teacher brings, that is banana.

To be COntinued….

____________________________________________________

Notes : Selama 3 hari ini, saya ingin menceritakan kepada anak-anak bahwa negara kita kaya akan budaya, suku, dan adat istiadat yang berbeda. Setiap daerah memiliki ciri khas yang unik. Kisah ini menanamkan rasa bangga kepada cinta negaranya sendiri. Inspirasi kisah ini karena kemarin pas saat Acara 17 agustusan dan berpikir kayany seru ini membuat cerita aku cinta indonesia. Oh ya, kenapa saya bisa buat cerita ini, sebelumnya saya sudah buat draft awal berupa gagasan-gagasan utama kisah ini mau seperti apa. Ketika sudah dapat gagasan utama tersebut, tinggal kita rangkai cerita tersebut dengan menghubungkan gagasan satu dengan yang lainnya. InsyaAllah mudah membuat ceritanya.

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.