Yuk Mengenal Talents Mapping

ini adalah salah satu contoh ST 30. Bagaimana membacanya ? Kuy simak.

Pertama sebelum membacanya, mari kita mengenal dulu apa si Talent Mapping ini? Apa fungsinya?

Talents Mapping ini adalah salah satu cara menemukan bakat dalam diri kita. Seperti yang kita ketahui ya, setiap individu memiliki karakteristik unik dalam dirinya, they are spesial and unique. Ketika mengetahui ini, pasti kita pun mengingat sang pencipta yaitu Allah yang telah memberikan kita bakat yang teristimewa yang memang inilah alasan kita diciptakan di muka bumi ini. Allah pasti memiliki maksud dan tujuan menciptakan kita dengan berbeda-beda, kehusunya adalah bakat atau potensi diri kita. Nah disini saya bertanya kepada diri sendiri dan teman-teman apakah Kita sudah memahami dan mengenali diri kita sendiri?

Ketika kita mengenali potensi diri kita, saya yakin kita pun pasti memiliki kekuatan dan kelemahan. Dua sisi ini selalu ada dan bertolak belakang. Kita pun pasti memikirkan kelamahan kita yang dianggap sebagai keterbatasan dalam diri kita. Padahal dengan memahami potensi diri kita, seharusnta kita pun pasti bisa mengatasi kelemahan kita itu dengan fokus pada kekuatan dan siasati kelemahan.

Salah satu mengenali potensi diri kita, ada salah satu alat assesment yang dapat digunakan, yaitu www.talentsmapping.com. Hasil assesment TALENTS MAPPING ini dapay dipadukan dengan Personal Strength Statement dan Strength Typology. Tapi bukan berarti inilah bakat saya. Assements ini dapat menuntun kita untuk mengenali potensi diri kita yang terdalam. tapi hal ini dapat berubah jika ternyata cara pandang dan pemahaman kita terhadap diri kita pun telah berubah.

Berhubungan dengan belajar di kelas Matrikulasi nanti, asseement ini akan menuntun kita lebih mengenal personality kita yang tentunya akan meningkatkan produktivitas kita dalam memahami visi misi hidup kita yang bisa sejalan dengan passion kita.

Back to Up dari gambar di atas, saya mendapatkan screenshots hasil Assement ST30. Cara membacanya adalah kita harus mengenal warna dalam ST30 ini dan tiga dimensi pembentuk minat.

arti warna dalam ST 30
tiga pembentuk dimensi

Yuuk simak cara membacanya gaess…..

Untuk mengetahui Strength Cluster dilihat dari Cluster aktivitas mana yang banyak memiliki warna merah menandakan kita memiliki potensi kekuatan pada Cluster aktivitas tersebut. Di area Networking menandakan potensi kekuatan dari Otak Kanan Bawah yang mempunyai sifat untuk menolong dan mengembangkan. Disini banyak memiliki warna merah yang dominan yaitu Communicator, Motivator, dan Educator. Tanda merah dominan juga terdapat Generating Idea yang menandakan potensi kekuatan otak kanan atas yaitu Creator, Marketer, dan Visionary. Dan ada sebagian kecil di Headman di otak kanan bawah yang mencirikan memiliki potensi memimpin/ mempengaruhi dengan Commander.

Warna merah dalam hasil tes ini menunjukkan kekuatan dominan yang kita miliki. Jadi hasil tersebut memberitahukan bahwa warna Merah menandakan peminatan pada suatu aktivitas didukung dengan potensi bakat yang Kita miliki. Ini adalah perpaduan warna terbaik dimana antara potensi bakat dan minat menguatkan potensi kekuatan ada di Commander, Communicator, Creator, Educator, Marketer, Motivator, Dan Visionary.

Dari Potensi yang terlihat ini merupakan Personal Branding yang berarti seseorang memiliki potensi yang sangat sesuai dengan dirinya, yaitu

1. Communicator artinya Seseorang yang pandai berkomunikasi dalam hal menghubungkan suatu informasi.

2. Motivator artinya Seseorang yang juga dapat mempengaruhi orang lain untuk bangkit semangatnya serta tertarik melakukan sesuatu sebaik mungkin

3. Educator artinya Seseorang yang mampu mengedukasi, atau berperan merencanakan dan mengarahkan pendidikan.

4. Creator yaitu Seseorang yang senang akan menciptakan sesuatu, seperti penulis, ilmuwan, dll

5. Marketer yaitu Seseorang yang mampu memikirkan strategi promosi untuk mempengaruhi oranglain agar mampu membeli dalam jumlah yang banyak

6. Visionary yaitu Seseorang yang mampu melihat langkah jauh ke depan melampaui cakrawala

7. Commander yaitu Seseorang yang mampu memberi perintah, kadang memaksa serta berani menghadapi masalah secara langsung

Dari semua perpaduan potensi di atas, menggambarkan seseorang yang memiliki skill kemampuan bersosialisasi serta persuasi. Banyak memiliki ide berwawasan ke depan yang dilaksanakan penuh dengan perencanaan yang amat matang. Ketika menghadapi tantangan berani berhadapan langsung serta mengambil inisiatif dalam mengambil keputusan sebagai seorang Leader.

Untuk potensi yang berwarna Kuning menandakan kita memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan untuk lebih keras lagi karena secara bakat dan minat bisa saling mendukung dan melengkapi yaitu Ambassador, Seller, Designer, Strategist, Journalist, dan Interpreter

Untuk potensi yang berwarna Putih menggambarkan aktivitas yang ditandainya bukan merupakan potensi kekuatan kita dan bukan pula aktivitas yang kita minati. Namun aktivitas-aktivitas itu bukan pula merupakan kelemahan kita yaitu Treasurer, Explorer, Administration, Synthesizer, Arranger, Selector,dan Caretaker

Potensi berwarna abu menandakan potensi tersebut tidak didukung dengan potensi bakat yangkita miliki yaitu Server, Distributor, Quality Controller, Producer dan Analyst.

Untuk berwarna Hitam menandakan potensi kelemahan kita yang TIDAK kita miliki yaitu Evaluator, Mediator, Operator, Restorer dan Safekeeper. Potensi ini merupakan kelemahan kita yang membuat kita akan merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas dalam ranah ini.

  1. Evaluator artinya Seseorang yang mampu melakukan studi mendalam dan membuat kesimpulan mengenai sesuatu
  2. Mediator artinya Seseorang yang mampu menengahi suatu masalah dan
    menyelesaikan konflik antar pihak-pihak yang bertikai
  3. Operator artinya Seseorang yang dapat mengoperasikan dan menjaga mesin-
    mesin, instrumen atau peralatan lain.
  4. Restorer artinya Seseorang yang mampu mengembalikan sesuatu kepada kondisi
    semula/normal atau menjadi lebih baik
  5. Safekeeper artinya Seseorang yang melindungi keselamatan/keamanan
    sesuatu/seseorang dari bahaya rusak, hilang atau pencurian.

Kelemahan dari gambar di atas, menggambarkan seseorang yang sangat lemah terhadap pertikaian yang berhubungan orang lain, walapun tadi memiliki potensi sebagai Communicator dan Commander. Banyak memiliki ide dan perencanaan ke depan tapi kurang dalam memberikan kesimpulan yang signifikan. Lemah sekali berhubungan dengan perbaikan-perbaikan alat elektronik karena kurang paham bagaimana mengoperasikannya serta sulit mengingat untuk mengembalikan suatu barang pada tempatnya sehingga seringkali banyak barang hilang atau rusak karena kurang dapat menjaga barang kepunyaan milik pribadi.

Naah, setelah mengetahui tiap warna dari potensi kekuatan kita yang paling kuat hingga lemah, pastikan untuk warna merah lihat diri kita apakah merasakan potensi tersebut dan jika dikerjakan terus menerus menghasilkan produktivitas yang amat besar. Dan pelajari juga untuk warna hitam dan merasakannya bagaimana kita lemah dalam potensi tersebut, selalu mencoba hindari untuk potensi di warna hitam. Tapi dari semua itu, ingatlah selalu bahwa hidup dan peran kita ini memiliki fitrah dan misi dalam kehidupan, jika sudah menemukannya, jalankan dengan sungguh-sungguh sehingga kita bisa terus berkontribusi dan berproduktivitas sebanyak-banyaknya pada diri, keluarga dan lingkungan. Ingat, FOKUS PADA KEKUATAN dan SIASATI KELEMAHAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.