Kesetaraan Gender?

Hari ini di grup sebelah, grup tetangga, uhuy.. Grup teman-teman kampus saya yang mayoritas isi perempuan semua sedang asik membahas keseteraan gender. Jadi ada yang membahas di sisi feminis, sisi humaniasme serta sisi agama. Makin seru…. tapi saya melihat dan akan  menulis dari pandangan agama saja, ya kenapa? karena ini akan sangat berhubungan dengan mendidik anak sesuai fitrah seksualitas anak.

Berdasarkan pandangan agama Islam apakah mengakui adanya persamaan gender?

 “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. ” (QS. An-Nahl [16]:97 )

Jelas, dalam AL Quran yang membedakan laki-laki dan perempuan berdasarkan amal sholeh. Jika ada yang beramal sholeh, maka itu akan terlihat ketika laki-laki dan perempuan tersebut menjalankan hidupnya sesuai dengan fitrah atau tidak. Misal, kita melihat suatu fenomena trasngender, tapi dia melakukan amal sholeh akankan akan mendapat janji dari Allah? Wallahu allam. Tapi akankan ini bahaya bagi anak-anak kita jika kita pun menyetujui akan adanya persamaan antara laki-laki dan perempuan?

Dan sekali lagi, saya pun menemukan fenomena keluarga muslim. 

Memang menjadi suatu persoalan dalam kehidupan sosial kita. Gender dipersoalkan melahirkan perbedaan peran, tanggung jawab, hak dan fungsi serta ruang aktivitas laki-laki dan perempuan dalam masyarakat. Saya pun setuju. Maka, bagaimana mengantisipasinya, yuk lagil-lagi balik ke keluarga dan fitrah seksualitas anak. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak. Di dalam keluarga, anak mendapatkan seperangkat nilai, pengertian dan fitrahnya melalui peranan dari Ayah dan ibu. Ayah dan Ibu haru memberikan contoh dan figur yang baik bagaimana anak laki-laki harus bersikap atau bagaimana anak perempuan harus berperilaku. Kesadaran ini perlu juga diajarkan sejak dini, agar nantinya anak-anak telah memiliki pengetahuan tentang masalah gender dan berperilaku sesuai aturan yang ada dalam masyarakat, dalam arti perilaku positif.

Sumber :

  1. http://blog.unnes.ac.id/novita3011/?p=13
  2. https://elmafitria.wordpress.com/2018/01/12/fitrah-seksualitas-terkait-peran-gender-review-tantangan-bunda-sayang-11

#bundasayang

#fitrahseksualitas

#gamelevel11

#sogasquad

#kelasbunsay

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.