BeWare!! Predator Anak Gentayangan

Pertama-tama mari kita bertepuk tangan yang meriah untuk kelompok 1 Ibu Bangsa Kemarin, kelompok Ibu Bangsa menyuguhkan presentasi yang apik, penampilan perdana yang memang bagus. It was really awesome. Sungguh, tidak menyangka tema malam tadi adalah tentang Predator anak. Apakah teman-teman tahu apa itu Predator anak? Mengapa kita harus waspada sebagai orangtua.

Tentu kita tahu, kita hidup di zaman teknologi dimana teknologi berkembang pesat, kita sebagai orangtua pun tidak bisa menahannya kita sebagai orangtua pun harus bisa menerapkan batasan-batasan dan aturan yang sesuai dengan prinsip dan norma keluarga. Itu pendapat saya. Teknologi dan anak tidak bisa dipisahkan, malah anak yang saya lahirkan ini merupakan generasi alpha dimana teknologi merupakan bagian dalam hidup mereka.  Memang perlu pengontrolan diri dalam penggunaan teknologi. Ini tips saya berikan.

  1. Orangtua perlu menerapkan aturan batasan dalam penggunaan teknologi (hp, laptop, tablet, dan TV)
  2. Orangtua perlu mendampingi anak ketika berhadapan sebuah teknologi. Misal, peminjaman HP. Bagi saya ketika anak mau lihat HP, saya pun bilang ini bukan punya Mbak, kenalkan hak milik / kepunyaan untuk anak. Alhamdulillah saya berikan ini di rumah, jadi anak mengenal mana barang pribadinya, barang ibunya, barang adiknya dan ayahnya. Ketika dihadapkan peminjaman HP saya pun mendampingi dan itu tidak lebih dari batas waktu 15 menit. Peminjaman HP ketika dirasa butuh penjelasan lebih konkret kepada anak.
  3. Terakhir, saya terapkan 1821 dirumah, alhamdulillah, ini diterapkan tapi hanya sampai jam 20.00 kebetulan anak saya teratur dalam jam malam. Jadi setelah jam 20.00 waktu orangtua menggunakan ranah domestik pekerjaanya menggunakan teknologi.

Oke lanjut ya.. Kenapa kita musti beware dengan predator anak? apakah ada hubungannya dengan kekerasan seksual anak? Sebelumnya mari kita telaah dulu apa itu ‘Seks” dan “seksual”?

Mari kita garap hal ini, ayo singsingkan lengan baju kalian… upss… bercanda.. Back to the review. Seks dan Seksual? Menurut saya, Seks merupakan bagian dari seksualitas. Perlukan hal ini di katakan tabu kepada anak jaman now? Menurut saya tidak. Dimana sumber informasi untuk anak bisa didapat dari mana saja, hal ini tidak boleh kita anggap TABU. Yuuk mulai ajak anak bicara dan kenalkan bagian tubuh mereka yang merupakan bagian dari pendidkan seksualitas.

Nah, bagaimana solusinya ? Apakah anak kita perlu diberitahukan informasi ini sejak dini… Eits, jangan salah ya. Sesungguhnya terdapat ranah berpikir anak dalam menghadapi perkembangan seksualitas anak. KIta bisa berikan nasihat atau diskusi kepada anak sesuai dengan tingkatan berpikir mereka. Ini saya tambahkan informasinya lagi, menurut dari Kelompok Ibu Bangsa yang mereka kutip dari Ustad Harry Santoso

Tuuhkan, ternyata kita perlu ajak anak bersikap dan berpikir sesuai dengan fitrahnya. Dan fitrahnya anak sejak lahir sudah ada dalam bagian mereka. Berarti mendidik Fitrah Seksualitas adalah merawat, membangkitkan dan menumbuhkan fitrah sesuai gendernya, yaitu bagaimana seorang lelaki berfikir, bersikap, bertindak, merasa sebagaimana lelaki Juga bagaimana seorang perempuan berfikir, bersikap, bertindak, merasa sebagai seorang perempuan. Sepakat dengan hal ini. 

Nah inilah poin paling penting dalam pendidikan seksualitas sejak dini, Ada tahapan perkenalan. Yup saya cantumkan pula ya dari Tokoh Terkenal psikoseksual yaitu SIgmund Freud. Freud pun menyatakan bahwa anak pun juga mengalami fase perkembangan seksual. Nah disinilah peran ortu wajib mendampingi perkembangan anak tersebut sehingga tidak terjadi penyalahgunaan oleh para predator anak.

Nah tips dari Ibu Bangsa, sangatlah tepat dan wajib kita kenalkan pada anak kita. Ajari bagian pribadi tubuh mereka dan memberitahukan mana yang boleh ✅ dan tidak boleh ❎ disentuh oleh orang lain kecuali diri mereka sendiri.

Yeay, begitulah review saya dengan materi dari Ibu Bangsa sungguh memberikan informasi yang tepat di saat teknologi bertumbuh dengan pesatnya. Yuk ciptakan Bonding dengan anak, gunakan waktu kita untuk main bareng, aktivitas bareng dan ngobrol bareng anak. Couldnt agree more right!!♥️♥️♥️

Sumber :

1. Diskusi SOGA Squad Bunsay 3

2. Presentasi Materi Kelompok Ibu Bangsa

#reviewbunsay

#SOGASquad

#bundasayang

#fitrahseksualitas

#gamelevel11

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.